Sumber: http://xii-is5.blogspot.com

Sabtu, 29 September 2012

Cara Memilih kata saat membuat lagu

Setelah lama g ngepos akhirnya hari ini bsa ngepos juga..
ok tmend2 mungkin bagi tmen2 yg udag sering buat lagu sangat mudah memilih kata untuk liriknya,tapi bagi tmen2 yg baru pemula mungkin bakalan kesulitan saat memilih kata untuk lirik musiknya.. dan pada kesempatan kali inisaya akan berbagi tips saat memilih kata untuk lirik lagu kita.. langsung aja..

1.Sesuai dengan tema
   Tentunya saat kita hendak membuat lirik,sebelumnya kita membuat tema tentang lagu kita.. akan lucu bila ada kata yang tak sesuai dengan tema kita,meskipun ada lagu yang antara judul,lirik dan tema tidak sesuai pun bisa terkenal.. tapi untuk lebh baiknya
semestinya kita sesuaikan antara tema,judul dan lirik agar pebdengar bisa faham maksud dan arti lagu kita danbisa menikmati alunan nada yang kita buat.
2.Pilih kata yang mudah di ingat
   Bagian tersulitnya adalh di sini,karena lagu yang di gemari selain easy listening juga harus mudah di ingat.. saat kita membuat lirik usahakan jangan memilih kata yang sulit di fahami semisal istilah yang tak biasa di dengar khalayak umum/istilah yang hanya kita pahami saja tanpa di fahami orang lain.. pilih kata yang umumnya orang sudah sering mengerti saat di reff lagu kita.. dan kita bisa masukan kata yang mungkin kurang biasa di dengar masyarakat umum di awal lagu/intro lagu kita.. sedangkan untuk angkatan intro menuju ke reff usahakan kata/kalimat yang mengandung klimaks.. 
seperti ini urutannya : Intro (pengenalan cerita)
                                Angkatan (klimaks/permasalahan cerita)
                                Reff (penyelesaian cerita/solusi)
dengan urutan seperti itu maka orang akan faham maksud dari lagu kita..
3.Membuat lirik yang simple
   saat membuat lirik,ibaratkan temen2 saat membuat puisi,pasti temen2 akan memilih kata yang pas dengan tema kita,dan berusaha agar tidak sulit saat diucapkan dan di fahami,buat lirik yang simple aja,yang mudah untuk di ingat atau di ucapkan dan di hafal..
4.Pilih kata yang pas dengan nada yang sebelumnya kita buat
   pilihlah kata yang pas,jangan memaksakan kata yang kurang pas di dalam nada yang sebelumnya kita buat,karena selain mengurangi keindahan atau kenyamanan pendengar,juga akan merusak nilai seni yang seharusnya enak di dengar menjadi kacau balau.. tipsnya jika kita memang harus menggunakan kata itu,gunakanlah persamaan makna kata tersebut semisal saya diganti dengan kata aku,kamu diganti dengan kata kau..

Demikian Tips buat temen2 yang ingin membuatlirik untuklagu yang telah kita buat,semoga bermanfaat.. maaf lama gakngepos soalnya masih sibuk.. he,he.. ^-^ terimakasuh.. sukses selalu..