Sumber: http://xii-is5.blogspot.com

Sabtu, 21 April 2012

5 Tips Merawat Gitar

Kawan-kawan Semua kita kali ne berjumpa lagi,.. N d postingan kali ne saya akan berbagi 5 tips cara merawat gitar... OK.. langsung aja ya...

1.Case gitar (Tas Gitar)
Memiliki Case Gitar,mnurut saya memiliki gitar gak harus memiliki case Gitar.. Cz bagi sobat para pemula,Case gitar kurang begitu di perlukan,alasannya karena sobat pemula kyk saya pasti sering memakainya daripada menyimpannya kan??
Tetapi alangkah baiknya,milikilah case gitar karena dg memiliki case gitar bisa menghindarkan gitar dari debu dan kotoran yg tentunya akan mengurangi performa gitar saat di mainkan..
Idealnya pilihlah case Gitar yg sesuai dg selera Sobat,kalau mnurut saya lebih baik pilihlah yg soft case,karena lebih mudah,murah,dan praktis di bandingkan Hard Case yg biasanya terbuat dari kayu.. kalau Hard case bisanya yg di miliki para Musisi terkenal dan yg memang sangat memerlukan Hard case semisal untuk Konser atau menghadiri sebuah parade Musik di luar kota.. Jadi pilihlah
Case Gitar yg sesuai kebutuhan Sobat semua.. Bagi pemula lbh baik Soft case aja..

2.Bersihkan Senar secara teratur
Agar suara gitar tetap tampil semaksimal mungkin maka bersihkanlah gitar secara teratur semisal 3 hari sekali.. sadrkah sobat saat sobat main gitar pasti jari-jari sobat ngeluarin keringat N ini yg buat senar gitar berkarat dan jika senar gitar berkarat bisa membuat suaranya pun kurang maksimal,bahkan bisa membuat senar gitar mati suaranya..
Cara membersihkannya yaitu setiap selesai main gitar Laplah senar Gitar dg kain yg Tipis selain kain bisa masuk ke sela-sela senar juga mudah dan murah dalam membersihkannya.. atau pakailah string cleaner (pembersih senar) yg bahkan sampe sekarang saya belum pernah pake ntu string cleaner.. He,he,he... ^-^

3.Mengganti Senar Gitar
Senar Gitar yang sudah lama tidak di Ganti pasti Berkarat.. maka cara yg di lakukan adalah gantilah senar Gitar bila suara gitar sudah tidak enak di dengar.. jangan Ganti hanya pada satu senar yg tidak enak di dengar tu.. tapi gantilah ke enamnya,hal ini agar suara gitar tetap stabil dan tidak menonjol sura yg bagus hanya pada senar yg habis di ganti.. kalau sobat blum bsa stem gitar tenang aja.. saya juga berbagi Tips Cara stem Gitar bagi pemula jadi tenang aja buat para pemula gak ribet kok,cuma perlu ketelatenan dan keseriusan saat menstem gitar tu ja..

4.Mengendorkan Senar gitar
Mengendorkan Senar Gitar sangat di perlukan saat sobat berencana meninggalkan gitar di rumah sendirian dan kesepian,. ^-^ he,he.. atau berencana untuk tidak memakai gitar dalam jangka waktu yg lama,karena pada dasarnya Neck gitar (Stang Gitar/Leher Gitar) yg terbuat dari kayu di tarik oleh senar yg kencang,maka lama kelamaan akan bengkog jika tidak di kendorkan,bahkan mnurut teman saya tiap habis maen gitar harusnya senar di kendorkan dan saat mau maen di stem lagi.. ya agak ribet c.. tapi ckup efektif mengurangi resiko pembengkongan Neck Gitar..

5.Mengelap gitar
Mengelap Gitar ini bisa kita lakukan sebelum dan sesudah menggunakan Gitar.. agar suara yg di keluarkan gitar tetap stabil dan mengurangi pengkaratan di senar,fred dan juga tuning gitar.. kan repot juga kalau sampai tuning gitar berkarat dan sulit di putar?? resikonya ya kesulitan saat menstem gitar.. Mengelap Gitar bisa menggunakan kain biasa saja,yg penting Telaten dalam membersihkannya,di mulai dari mengelap bagian Tunernya (kepala Gitar) dengan memperhatikan di setiap sela-sela tunernya.. berlanjut ke Neck Gitar dengan mengelap di setiap kolom fretboard yg bersih sehingga mengurangi resiko pengkaratan di fretnya.. berlanjut ke Tabung atau body Gitar lap lah sampai bersih,.. sehingga orang berkata "Wow Amazing"
Tentunya bukan hanya tampilannya saja yg cantik,tp suarannya pun harus di kondisikan agar terdengar merdu dan Indah

Sekian 5 Tips Merawat Gitar dari saya semoga Bermanfaat...